Souvenir Cantik Bermakna Unik dari Night Market Chinatown Singapore

Jika Anda berkunjung ke Singapore, Kampung China (Chinatown) menawarkan beragam barang murah sebagai souvenir atau oleh-oleh khas Singapore. Perjalanan saya ke Singapore menjelang tahun baru Imlek memberikan kesempatan bagi saya untuk merasakan hiruk-pikuknya persiapan menyambut tahun baru (baca: Singapore, menjelang Chinese New Year (Imlek)). Di Chinatown Night Market tersedia berbagai macam barang kebutuhan Imlek, terutama dekorasi-dekorasi untuk menyemarakkan suasana pergantian tahun itu.


Uniknya, dekorasi yang dijual itu tidak asal dekorasi. Dekorasi-dekorasi imlek termyata memiliki arti tersendiri yang dipercaya dapat memberikan kehidupan baik dan peruntungan yang baik di tahun yang baru. Inilah 5 dekorasi yang sering digunakan ketika Imlek, yang menurut saya, bisa juga sebagai ide untuk oleh-oleh atau souvenir.

1. Petasan
Jika petasan ini digantung di depan pintu rumah, niscaya dapat mengusir roh-roh jahat yang akan mengganggu keluarga.


2. Lentera Merah
Lentera merah ini digantung juga di depan pintu rumah atau gerbang. Diyakini menjadi simbol terang, kebahagiaan dan berkumpulnya keluarga.


3. Tanaman, Bunga dan Buah-buahan
Tanam-tanaman dan bunga-bungaan sebagai dekorasi rumah untuk merayakan tahun baru Imlek memiliki makna pertumbuhan dan kemakmuran di tahun yang baru. Adapun jenis-jenis bunga tertentu pun memiliki makna tersendiri. Bunga Narcissus melambangkan kemakmuran; bunga matahari melambangkan datangnya tahun yang baik; bunga prem (plum blossoom) yang berwarna merah muda memberikan makna keberuntungan. Sementara buah yang sering digunakan sebagai sajian keluarga sekaligus dekorasi adalah buah jeruk, yang bermakna kemakmuran dan kebruntungan. Apabila pohon bambu dipilih sebagai dekorasi, maka diharapkan anggota keluarga memiliki umur yang panjang.


4. Dewa Keberuntungan (God of Fortune)
Karakter ini adalah dewa keberuntungan. Hadirnya dewa keberuntungan di tempat usaha atau di rumah dipercaya dapat memberikan berkat keberuntungan, kesejahteraan dan peluang-peluang yang bagus di tahun mendatang.


5. „Fu“ Chinese Character

Dekorasi lain yang banyak dijumpai ketika tahun baru Imlek adalah gantungan berwarna merah yang berbentuk belah ketupat dan bertulisankan karakter tulisan China “Fu”. Karakter “Fu” memiliki arti keberuntungan, berkat dan kebahagiaan. Kebanyakan orang menggantungkannya di pintu masuk rumah, karena diharapkan semua berkat tersebut datang atau masuk ke dalam rumah.


Percaya atau tidak percaya, makna dekorasi-dekorasi itu sudah menjadi kepercayaan yang turun-menurun. Namun setidaknya, dekorasi-dekorasi itu bisa dijadikan alternatif souvenir atau oleh-oleh untuk rekan dan kerabat.







Komentar