Nuclear Reactor is My Neighbor

Cooling Tower of  Nuclear Power Station

The
giant tower always smokes everyday.  When i saw it the first time, i thought it was a large factory's chimney near my apartment. In fact, it is a nuclear reactor. So.. is it wonderful or anxious?
:-(

Yup! Reaktor nuklir ada di dekat apartment-ku. Baru kali ini juga aku melihat menara raksasanya yang selalu berasap. Kalau tidak salah, reaktor nuklir ini dibangun sebagai pembangkit tenaga listrik. Asap keluar dari cerobong besar itu adalah uap air yang digunakan untuk menghasilkan listrik.

Setiap kali memandangnya dari jendela apartment-ku, selalu terlintas di pikiranku apakah radiasinya mempengaruhi kualitas hidup di sini? Bagaimana jika terjadi kebocoran? Apa yang harus dilakukan? Kabur ke kota lain, lari secepat mungkin menuju stasiun kereta, atau diam saja karena percuma? Memang sampai saat ini masih diperdebatkan polusi lingkungan akibat energi nuklir ini. Ada pihak berpendapat bahwa reaktor itu aman, tidak menimbulkan polusi udara tapi di pihak lain menyatakan sangat berbahaya karena reaktor itu dijalankan oleh mesin-mesin dan sangat mungkin terjadi gangguan pada mesin-mesinnya. Rusaknya mesin ini yang dikhawatirkan dapat menyebabkan kebocoran dan membahayakan lingkungan sekitarnya.

Sampai saat ini juga jawabanku "tidak tahu" harus bagaimana jika sampai terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebagai penghibur diri aku hanya berpikir bahwa setiap risiko yang mungkin terjadi sudah diantisipasi dengan baik di negara yang serba sistematis dan maju ini. Semoga begitu. Saat ini, nikmati saja kepulan asapnya setiap hari. Terkadang warnanya nampak sangat indah. Semburat kemerahan membubung tinggi di kala senja, sangat kontras dengan langit yang mulai menggelap.

Komentar